Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Kita sering mendengar istilah kota tua / kota kuno. yang jadi pertanyaan kita adalah seberapa tua atau kuno kita tersebut. Kota tua yang masih berpenghuni banyak di temukan di daerah Timur Tengah Dan Eropa. ada beberapa versi menganai kota tertua di dunia, dibawah ini salah satu versi kota tertua didunia yang masih berpenghuni :

1. Delhi, India (Dihuni Sejak: 3500 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Delhi adalah kota terbesar dan terpadat nomor dua di negara India, dan kota ke delapan terpadat di dunia. dehli memiliki sejarah sebagai ibukota beberapa kerejaan dimasanya.

Dalam catatan Sejarah, Delhi terus di huni sejak abad 6 SM, akan tetapi Delhi diyakini telah ada dan dihuni sejak ribuan tahun SM. Menurut teks india kuno " The Mahabrata ", delhi diyakini menjadi tempat Indraprastha, Ibukota legendaris Pandawa selama masa Mahabaratha yang didirikan sekitar 3500 SM.

Tetapi bukti arkeologi untuk mendukung klaim tersebut langka dan tidak meyakinkan. Tembikar keramik yang digali dan lapisan digali dari kota kuno tampaknya sesuai dengan apa yang ayat-ayat Mahabharata menunjukkan. Mungkin lebih banyak bukti yang mendukung adalah adanya sebuah desa bernama Indraprastha sangat dekat dengan Purana Qila yang dihancurkan oleh Inggris selama pembangunan Lutyens 'Delhi.

2. Gaziantep, Turki (Dihuni Sejak: 3650 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Gaziantep adalah sebuah kota di tenggara Turki yang terletak 185 kilometer sebelah timur laut dari Adana dan 127 kilometer melalui jalan darat utara dari Aleppo, Suriah. Ini adalah kota terpadat keenam di Turki.

Gaziantep memiliki jejak permukiman Hittite yang berlanjut sampai sekitar 1183 ketika ditaklukkan oleh suku-suku Turki. Sampai saat itu didominasi sebuah kota Suriah bernama `Hamtap`. The Ottoman Empire menyerbu tempat di awal abad ke-16 dan menamakannya `Ayintab` berarti` spring` baik.  Pada tahun 1919 Inggris menduduki Gaziantep yang di teruskan oleh Perancis pada tahun 1920. Pada tahun 1922 Turki Mengusai Kembali tanah mereka dari pasukan Prancis dan awalan `Gazi` berarti` prajurit Islam` mulai di gunakan. kota Hamtap berubah nama menjadi Gaziantep.

3. Plovdiv, Bulgaria (Dihuni Sejak: 3000 SM ~ 4000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Plovdiv merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria. Sejarah Plovdiv dimulai 6.000 tahun silam, Para arkeolog telah menemukan tembikar halus dan benda-benda lain dari kehidupan sehari-hari dari sejak Zaman Neolitik (4000 SM), menunjukkan bahwa pada akhir Milenium ke-4 SM. sudah ada adalah pemukiman didirikan di sana.

Plovdiv awalnya sebuah pemukiman Tracian sebelum menjadi kota Romawi besar. sebelum menjadi bagian dari Bulgaria, Plovdiv dikuasai oleh kekaisaran Bizantium dan Kekaisaran Ottoman. Kota ini merupakan pusat budaya utama yang menawarkan banyak sisa-sisa kuno, termasuk sebuah ampiteater Romawi dan saluran air, dan mandi Ottoman.

4. Sidon, Lebanon (Dihuni Sejak: 4000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Sidon merupakan kota terbesar ketiga di Lebanon, terletak sekitar 40 km sebelah utara dari Tirus dan 40 km selatan ibukota Beirut. Ada bukti bahwa Sidon dihuni dari sejak tahun 4000 SM, dan mungkin pada masa Neolitik (6000-4000 SM). Sidon kota dengan port sibuk disebut Saydah.

5. Al Fayyum, Mesir (Dihuni Sejak: 4000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Al Fayyum adalah sebuah kota di Mesir Tengah, yang terletak 130 km sebelah barat daya dari Cairo. Didirikan pada sekitar 4000 SM, itu adalah kota tertua di Mesir dan salah satu kota tertua di Afrika.

Kota ini terdapat situs kuno Crocodilopolis, pusat paling signifikan untuk pemujaan terhadap Sobek (buaya suci). Kota ini menyembah buaya suci, bernama Petsuchos, yang dihiasi dengan emas dan permata. Buaya hidup di sebuah kuil khusus, dengan pasir, kolam dan makanan. Ketika Petsuchos meninggal, ia digantikan oleh yang lain.

Setelah kota jatuh ke tangan dinasti Ptolemaic, kota ini berganti nama Ptolemais Euergetis. Kota ini berganti nama Arsinoe oleh Ptolemy Philadelphus untuk menghormati Arsinoe II dari Mesir, adik dan istrinya, selama abad ke-3 SM

6. Argos, Yunani (Dihuni Sejak: 5000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Argos adalah sebuah kota dan bekas kotamadya di Argolis, Peloponnese, Yunani. Argos telah terus dihuni selama 7.000 tahun terakhir, menjadi salah satu kota tertua di Yunani dan Eropa. Di lokasi yang strategis di dataran subur Argolis, Argos merupakan benteng utama selama era Mycenaean. Pada zaman klasik Argos adalah saingan kuat dari Sparta untuk dominasi atas Peloponnese,. Banyak monumen kuno dapat ditemukan di kota ini, yang paling terkenal yang merupakan Heraion, Pertanian Jeruk merupakan andalan ekonimi lokal.

7. Athena, Yunani (Dihuni Sejak: 5000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Athena adalah ibu kota dan kota terbesar di Yunani. Athena mendominasi wilayah Attica dan merupakan salah satu kota tertua di dunia, sejarah mencatat rentang sekitar 3.400 tahun. Kota kuno Athena adalah kota-negara kuat - pusat seni, belajar dan filsafat, rumah Akademi Plato dan Aristoteles Lyceum. Hal ini banyak disebut sebagai tempat lahir peradaban Barat dan tempat kelahiran demokrasi, sebagian besar disebabkan oleh dampak prestasi budaya dan politik selama 5 dan ke-4 abad SM di seluruh benua Eropa kemudian dikenal.

Tempat Tertua mengenai keberadaan manusia dikenal di Athena adalah Gua sekis, Athena telah terus dihuni selama setidaknya 7000 tahun. Selama awal Abad Pertengahan, kota mengalami penurunan, kemudian pulih di bawah Kekaisaran Bizantium dan relatif makmur selama periode Perang Salib (12 dan abad ke-13), karena adanya perdanganan dari italia. Athena mengalami periode penurunan tajam di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman, Athena kembali muncul pada abad ke-19 sebagai ibukota negara Yunani.

8. Aleppo, Suriah (Dihuni Sejak: 5000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Aleppo adalah kota terbesar di Suriah. Aleppo adalah kota modern menempati situs kuno. para arkeolog mengalami kesusahan untuk meneliti kota aleppo, oleh karena itu, para arkeolog sulit menentukan sejarah berdirinya aleppo.Akan tetapi Penggalian di Tell as-Sawda dan Tell al-Ansari, tepat di sebelah selatan kota tua Aleppo, menunjukkan bahwa daerah itu diduduki dari seluruh 5000 SM.

9. Byblos, Lebanon (Dihuni Sejak: 5000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

yblos adalah sebuah kota Mediterania di Mount Lebanon Governorate. menurut fragmen dikaitkan dengan perang pre-Trojan semi-legendaris sejarawan Phoenician Sanchuniathon, dibangun oleh Cronus sebagai kota pertama di Phoenicia sekitar 5000 SM,

Byblos terletak di pantai Mediterania kini Lebanon, sekitar 26 mil (42 kilometer) utara Beirut. Hal ini menarik para arkeolog karena puing-puing bekas tempat bermukim yang menunjukkan kota ini telah di huni sejak jaman dulu. Sebuah tanda dapat diamati dari adanya puing-puing rumah yang berukuran seragam.

10. Damaskus, Suriah (Dihuni Sejak: 6300 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Damaskus adalah ibu kota dan kota terbesar kedua Suriah. Selain menjadi salah satu yang tertua kota terus dihuni di dunia, Damaskus merupakan pusat budaya dan agama utama dari Levant.

Damaskus sering diklaim sebagai kota tertua di dunia yang terus dihuni dan ada bukti dari sebuah pemukiman luas di Barada basin yg diperlirakan berumur 9000 tahun . ,ada bukti juga yang menunjukkan bahwa situs mungkin telah ditempati sejak paruh kedua milenium ketujuh SM, mungkin sekitar 6300 SM.


11. Jericho, Israel (Dihuni Sejak: 9000 SM)

Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini

Yerikho adalah kota yang terletak di dekat Sungai Yordan di Tepi Barat dari wilayah Palestina, ibu kota Provinsi Jericho dan dengan populasi sekitar 20.000 . Terletak di bawah permukaan laut Yerikho diyakini terus menerus dihuni kota tertua di dunia.

Dijelaskan dalam Perjanjian Lama sebagai "City of Palm Trees", mata air berlebihan di dalam dan sekitar Jericho telah membuat sebuah situs yang menarik untuk tempat tinggal manusia selama ribuan tahun. Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa lebih dari 20 pemukiman berturut-turut di Jericho, yang pertama dijumpai diperkirakan berumur 11.000 tahun (9000 SM), hampir ke awal Holocene zaman sejarah Bumi.

diatas adalah beberapa kota tua yang ada didunia dan masih dihuni hingga saat ini, kota tua / kuno dapat dilihat dari peninggalan pra sejarah nya. bertahannya kota tua hingga saat ini di akibatkan beberapa faktor, yang paling utama adalah faktor ekonomi. semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kota Tertua Di Dunia Yang Masih Di Huni Hingga Saat Ini"