Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Bukan hanya tubuh yang butuh olah raga, otak manusia juga butuh dijaga dan dilatih agar tetap prima. ada beberapa cara yang tepat dan bila dilakukan secara rutin akan meningkatkan kecerdasan dan fokus. jika tidak pernah melatih otak, lama kelamaan kemampuan otak akan menurun.

Agar otak kita dapat berpikir dengan prima coba lakukan Cara-cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir seperti dibawah ini :

1. Biasakan Bangun di Pagi Hari dan Hilangkan Kebiasaan Begadang

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Salah satu penyebab lemahnya konsentrasi adalah kurangnya jam tidur. seperti layaknya organ tubuh yang lain, otak juga butuh waktu istirahat yang cukup, waktu yang baik untuk mengistirahatkannya yaitu disaat malah hari. dan bagunlah pada pagi hari agar tubuh terasa segar.

Kebiasaan begadang akan memperburuk produktivitas dan kinerja di esok harinya karena kurangnya waktu istirahat yang cukup, normalnya tubuh butuh waktu istirahat selama 7-8 jam setiap malamnya. waktu dan kualitas tidur yang baik akan membuat badan dalam kondisi bugar di keesokan harinya. dengan badan dan otak akan meningkatkan fokus dan produktivitas yang maksimal, ketajaman berpikir akan tetap optimal sepanjang hari

2.  Kurangi Waktu Menonton Televisi

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Terlalu sering menonton televisi sebenarnya salah satu kegiatan yang merugikan. karena kita hanya berdiam diri di depan layar televisi yang pada kenyataannya kegiatan itu tidak melatih kinerja otan yang dapat melemahkan kemampuan berpikir. coba hitung berapa jam sehari menonton televisi dan berapa jam juga otak kita menganggur karena kegiatan itu. 

selain tidak bagus untuk otak, menonton televisi terlalu lama juga tidak bagus untuk mata. mata akan kelelahan karena terlalu lama terpapar cahaya dari televisi. coba ganti kebiasaan menonton tv dengan membaca buku atau mendengarkan musik untuk menghilangkan rasa bosan. 

3. Carilah kegiatan baru yang lebih bermanfaat

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Coba cari kegiatan baru dan coba juga untuk membiasaakan dengan hal-hal baru adalah salah satu cara untuk merangsang kinerja otak. jangan terjebak dalam rutinitas dan terpatok mengerjakan hal-hal itu saja. coba beri ransangan pada otak lewat cara-cara yang sederhana seperti memasak menu baru di setiap pekan atau juga mencoba game-game baru yang belum pernah di mainkan.

4. Mulailah kebiasaan Membaca Buku

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Membaca buku mungkin bukanlah hobi yang banyak peminatnya. Mungkin kebanyakan dari mereka suka membaca buku dengan bacaan-bacaan ringan atau cerita-cerita fiksi yang lebih nyaman untuk dibaca. untuk meningkatkan kemampuan menulis berpikir dan menulis sebaikanya memilih buku-buku yang bisa menyita fokus, seperti novel klasik, ensiklopedia atau buku kumpulian teori-teori ilmiah yang lebih menantang untuk dibaca. bacaan jenis ini akan merangsang otak agar bekerja lebih ekstra karena setiap kalimat atau paragraf mungkin tidak mudah di pahami dengan sekali baca. selain merangsang kinerja otak, dalam buku ini kita mungkin menemukan istilah atau kata-kata yang jarang digunakan sehingga kita membuka kamusuntuk mencari arti dari kata-kata tersebut, dengan begitu otak akan terlatih untuk berpikir kritis

5. Rutinlah Berolahraga agar Tubuh dan Pikiran Selalu Prima

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Banyak yang berpikir kebutuhan akan olahraga tidaklah cukup penting. akan tetapi selain asupan makanan yang bergizi, olahraga sangatlah pentin untuk menjaga kondisi tubuh dan pikiran agar tetap prima. rutinitas pekerjaan setiap hari atau rasa malah seharusnya jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. olahraga memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga tubuh dan pikiran,maka dari itu mulailah dari saat ini untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. 

6. Memperkuat Rasa Ingin Tahu 

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Mungkin Pemahaman orang akan rasa ingin tahu sudah bergeser, Jika dahulu rasa ingin tahu mempunyai makna yang positif beda dengan saat ini banyak orang mengganggap rasa ingin tahu sebagai hal yang negatif. 

Sayangnya sadar atau tidak sadar hal tersebut membiasakan diri bersikap acuh tak acuh. padahal rasa ingin tahu akan sesuatu hal bisa memperkuat kemampuan berpikir kita. mulailah saat ini untuk terus merasa ingin tahu yang tentunya dalam batas-batas yang wajar. 


7. Jagalah Asupan Gizi agar Tubuh dan Otak selalu dalam kondisi prima

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Makanan yang kita makan sangatlah berpengaruh pada kondisi dan kinerja otak, pada umumnya otak akan menggunakan lebih dari 20% nutrisi dan oksigen yang diserap oleh tubuh. agar kemampuan berpikir tetap prima, pilihlah asupan gizi dengan makanan yang sehat dan bergizi tinggi seperti buah-buahan segar, sayuran dan makanan yang mengandung Omega 3 tinggi yang baik untuk Otak.


8. Jangan Manjakan Otak dengan menggunakan Kalkulator dan Gps.

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Dengan kemajuan Teknologi memang memberikan segala kemudahan, tapi jangan jadikan alasa untuk bermalas malasan. Gps dapat membuat kita malas untuk menghafal jalan atau arah. demikian juga dengan kalkulator dapat membuat kemampuan menghitung manual semakin melemah. tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi hadir bagai dua sisi mata uang, selain memiliki dampak positif kemajuan teknologi juga memiliki dampak negatif. ketergantungan terhadap teknologi terbukti bisa melemahkan kemampuan otak kita. mulailah saat ini untuk menggunakan kalkulator dan gps secara bijak dan jangan terlalu bergantung kepada keduanya.

9. Berpikirlah Secara Positif untuk meningkatkan Produktivitas dan Kinerja yang maksimal

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Jauhilah Stres, Cemas dan rasa khawatir yang berlebihan karena hal itu itu dapat menurunkan kemampuan berpikir. kita tidak dapat menggunakan otak secara maksimal karena terbebani dengan berbagai hal buruk yang kita bayangkan sendiri. pikiran negatif akan menjadi distraksi bagi pekerjaan atau tugas-tugas lainnya. untuk menghindari itu kita harus selalu berfikir positif untuk meningkatkan kinerja otak dan jaganlah memenuhi otak kita dengan pikiran-pikiran negatif yang dapat memperburuk kinerja otak

10. Luangkan Waktu untuk Mengevaluasi Diri dan Membuat Prioritas

Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Seringkali kita terlalu sibuk menjalani hidup, tanpa menyadari bahwa terlalu banyak pekerjaan dan kegiatan yang membuat kita kewalahan. Akibatnya, kita jadi sulit untuk berkonsentrasi atau fokus dengan pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Akibatnya Tubuh dan Pikiran akan merasa lelah dan kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kita. 

Di saat seperti inilah layak kita segera merefleksi hidup kita sendiri. Apakah kita sudah bisa membuat prioritas, atau kita hanya gegabah dan jumawa karena ingin bisa menyelesaikan semuanya? Di sela-sela rutinitas, luangkan waktu untuk sejenak untuk tenang dan buatlah prioritas. Fokuslah pada hal-hal yang memang penting dan jadi tujuan utama. Bukan berarti bermalas-malasan, daftar prioritas justru akan membuat lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

diatas adalah beberapa Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir. mulailah saat ini untuk melakukan hal-hal seperti diatas agar kemampuan berpikir kita dapat meningkat. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Berpikir"

Posting Komentar